Begundelz just for you
SELAMAT MENJELANG BULAN SUCI RAMADHAN 1433 H

Kamis, 12 Mei 2011

budidaya ikan koki





Setelah anda membaca artikel tentang Ikan koki, mungkin anda tertarik untuk beternak entah untuk tujuan komersil maupun sekedar hobi. Tetapi referensi tentang cara ternak ikan koki tidaklah sebanyak ikan cupang. Tak perlu kuatir dibawah ini akan dibahas cara budidaya ikan cantik asal negeri China.
Membedakan jenis kelamin.
Cara membedakan kelamin ikan koki dengan mengenali ciri fisiknya. Jantan dicirikan dengan tubuh berukuran lebih kecil dan berpostur langsing serta memiliki sirip dada yang kasar di bagian belakangnya, berbentuk seperti gundukan pasir. dewasa jantan mempunyai benjolan kecil di kepala mereka, yang disebut tuberkel, yang menjadi putih dan akan lebih mudah terlihat, ketika koki bertelur. Jantan yang matang kelamin akan keluar cairan berwarna putih susu, bila dipijit ke arah lubang kelamin. Sedangkan betina bertubuh lebih gendut dan memiliki sirip dada sangat tipis dan tidak ada benjolan. Saat muda perbedaan ini sulit dikenali Kemudian betina yang sudah bertelur dan matang gonad perutnya terasa lembek, bila diraba, berbeda sekali dengan betina yang belum matang gonad. Induk jantan dan betina harus sudah berumur 6 bulan.


Pematangan gonad
Sebelum dipijahkan masing-masing ikan harus dimatangkan gonad atau sel telurnya sehingga menghasilkan keturunan yang berlimpah dan baik. Prinsip dari pematangan gonad yaitu menempatkan ikan pada area yang ideal dengan asupan gizi yang melimpah. Jika dua syarat tersebut terpenuhi ikan akan lebih cepat matang telur. Caranya siapkan akuarium maupun kolam dengan ukuran 40cm x 60 cm dan ketinggian minimum 30 cm. berikan aerasi dengan pasokan udara berlimpah tetapi berarus tenang. Letakkan setidaknya 5 induk ikan dengan kelamin sejenis. Berikan cuk atau jentik nyamuk setiap pagi siang dan malam. Jika mengalami kesulitan jentik nyamuk bisa diganti dengan cacing darah, larva serangga atau udang air asin.




Pemijahan
Untuk lebih memudahkan pengawasan pemijahan sebaiknya dilakukan di akuarium. Letakkan ijuk yang ditata mendatar di salah astu sudut. Ijuk ini menjadi media ikan koki mletakkan telurnya. Dapat juga diganti dengan eceng gondok yang berakar lebat. Cuci dahulu hingga bersih sebelum dimasukkan ke dalam akuarium. Nyalakan mesin aerator untuk meningkatkan kadar oksigen serta menetralkan kandungan air. Pemijahan dapat dilakukan dengan memasukkan 1 ekor induk betina yang dijodohkan dengan 2 pejantan sekaligus agar dapat memilih pasangan. Jika anda melakukan pemijahan di kolam, jumlah ikan dapat diperbanyak dengan tetap menjaga komposisi 1:2. Ikan koki akan memijah dimalam hari. Saat masa pemijahan warna ikan akan berubah menjadi lebih terang daripada sebelumnya. Jika dilakukan di kolam ikan koki jantan akan mengejar betina secara acak. Mendekati puncak birahi Ikan koki jantan menjadi lebih aktif pada satu koki betina dan mengejarnya lebih dari agresif. Pengejaran yang intensif akan mendorong ikan koki betina menyemburkan telurnya. Telur itu akan diletakkan pada ijuk atau tanaman air yang disediakan.

Penetasan dan pendederan
Jika anda telah menemukan telur berukuran kecil warna putih segera angkat jantan dan betina. Tetap nyalakan aerator dan jaga arus air agar tetap tenang. Setelah 2 sampai 3 hari telur akan berubah menjadi burayak. Setelah menetas, angkat ijuk atau tanaman air.
Selama 2 hari pertama ikan tidak perlu diberi makanan karena ia masih memiliki kantong cadangan makanan. Pada hari ketiga berikan air saringan kuning telur rebus. Caranya rebus kuning telur hingga matang. Letakkan dalam kain lembut dan beri sedikit air hangat. Peras telur tersebut hingga airnya menetes di atas akuarium. Pada hari ke 10 makanan dapat diganti dengan kutu air atau cacing darang segar. Setelah berumur 40 hari dapat dilakukan pemanenan, seleksi berdasar ukuran dan kualitas warnanya. Jika ukuran koki sudah cukup dewasa, perbanyak porsi makanan dengan member jentik nyamuk maupun sedikit lumut. Ikan koki hasil dari pembesaran berukuran 5 – 7 cm dan sudah bisa dijual.

baca juga memelihara ikan koki

untuk lebih mengenalkan dunia pet diperkenankan untuk mempublikasikan kembali artikel ini dengan mencantumkan URL http://www.petsgaleri.com
Kieyokoe nge-Blogging
@2012 Created by Kieyokoe Belajar Untuk Masa Depan