Begundelz just for you
SELAMAT MENJELANG BULAN SUCI RAMADHAN 1433 H

Kamis, 12 Mei 2011





Khusus para penggemar ikan, berapapun harganya, jika anda memang hobi mengkoleksi ikan anda pasti bisa mendapatkannya.Namun, bukan hanya itu saja anda juga harus bisa merawat ikan yang akan anda pelihara nanti. Contoh dalam hal ini anda memelihara ikan koki,perlu adanya tahapan dalam merawat ikan koki ini. Karena tidak sembarang merawat, butuh perawatan yang khusus agar ikan yang akan anda pelihara benra-benar bertumbuh dengan baik. Disini ada 8 tips untuk merawat peliharaan ikan anda agar tetap hidup dan terjaga dengan baik, yaitu :

1. Pertama kali akan memelihara ikan mas koki, sebaiknya air yang telah dimasukkan dalam aquarium diendapkan terlebih dahulu.

2. Ketika akan memasukkan ikan mas koki ke dalam aquarium, jika ikan mas koki tersebut berada dalam kantong plastik sebaiknya taruh kantong plastik yang berisi ikan mas koki tadi ke dalam permukaan air aquarium, untuk menyesuaikan suhu dalam aquarium dan suhu ikan koki,,agar ikan koki tidak stress dan mati.

3. Jika akan memelihara dalam aquarium yang besar, maka diperlukan aerotop peniup udara di aquarium, filter, dan selang penyedot kotoran.. Ketiga alat ini penting untuk mencegah kotoran dan sirkulasi udara air dalam aquarium.

4. Lokasi aquarium dipastikan harus tidak terkena sinar matahari langsung agar lumut dan alga tidak cepat berkembang biak.

5. Beri pakan secukupnya. JANGAN TERLALU SERING beri makan ikan mas koki karena ikan mas koki ini merupakan ikan yang rakus, slalu memakan makanan yang ada,, dan jika kekenyangan maka ikan koki akan cepat mati.. Dan menurut penelitian ahli, tubuh yang ramping bagi ikan mas koki akan memperpanjang umurnya. Pakan ikan ini yang alami dan bagus untuk ikan mas koki adalah cacing sutera karena mengandung protein yang tinggi.. Tetapi untuk lebih praktisnya, pakan ikan mas koki adalah bentuk pellet yang banyak dijual di toko-toko.

6. Jangan memberi pakan pada malam hari atau menjelang malam..Karena ikan mas koki merupakan ikan yang cepat proses pencernaannya,,setelah dia makan maka akan dikeluarkan dalam bentuk feses (mengandung amoniak).. Bakteri pengurai, aktif pada malam hari dan akan menguraikan feses ikan mas koki yang akan menyebabkan kandungan amoniak dalam air aquarium tinggi dan tidak baik bagi ikan mas koki.

7. Pada saat menguras air aquarium sebaiknya air yang akan dibuang jangan semuanya karena jika semua air lama digantikan dengan air baru, maka ikan mas koki harus beradaptasi lagi dan menyebabkan stress yang berakibat kematian.

8. Air aquarium yang baru diisi (setelah dikuras) sebaiknya diberi garam grosok (garam laut) yang mempunyai manfaat mencegah pertumbuhan jamur.

Langkah-langkah yang diatas bisa anda terapkan atau lakukan secara langsung , karena hal ini bisa membantu anda dalam merawat ikan peliharaan anda. Jangan sampai ikan anda mati karena kurangnya perawatan yang anda berikan. Rawat seperti anda mearawat diri anda sendiri itu akan lebih baik.
Kieyokoe nge-Blogging
@2012 Created by Kieyokoe Belajar Untuk Masa Depan