Begundelz just for you
SELAMAT MENJELANG BULAN SUCI RAMADHAN 1433 H

Sabtu, 09 April 2011

Cara menanam dan berkebun bunga mawar



Secara umum, bunga mawar dikelompokkan berdasarkan perawakan dan sifat pertumbuhannya menjadi 4 kelompok besar. Yakni: bunga mawar semak yang banyak ditanam sebagai pagar, mawar kerdil berupa tanaman dalam pot, mawar pohon dan terakhir mawar liana yang tumbuh merambat.
Menanam bunga mawar bukanlah hal yang terbilang sulit jika kita sudah mengetahui bagaimana caranya. Positif point dari tanaman ini :
- Jenisnya sangat banyak dengan aneka warna dan kombinasi warna yg sangat bervariasi, aneka jenis parfum.
- Bentuk pohonnya juga macam2 ada yg mini shgbisa ditanam bergerombol sebagai penutup tanah, ada yg bisa sebagai pager, ada yg merambat sehingga bisa dipakai untuk mempermanis dinding rumah yg keras atau juga dibuat merambat di pergola ; bisa juga di tanam di pot.
- Berbunga tanpa henti (kalo di negara 4 musim dari bulan Mei sampe saat suhu setempat drop 0°C atau mendekati 0°C.
- Perawatannya mudah, asal tau caranya.
- Adalah tanaman tahunan, sekali beli bisa tumbuh sampai puluhan tahun.





Semak Mawar
Bagaimana Cara Berkebun Mawar:

Menanam bunga ini sangatlah karena bunga ini tidak memerlukan perawatan yang khusus. Bunga ini bisa tumbuh di daerah beriklim panas, sedang bahkan dingin.
Media tanam yang dibutuhkan adalah tanah berhumus dan drainase/pengairan yang baik, dimana bunga ini kurang subur jika ditanam pada media yang terlalu gembur dan berpasir. Lobang yg besar dan dalam ini akan mempermudah akar mawar berkembang dan menyebar luas dan dalam di tahun pertama kehidupannya, sehingga dia akan tahan terhadap serangan penyakit, lebih tahan terhadap kekeringan.
 
 


Mawar Pohon
Di masa sebulan or 2 bulan pertama kehidupannya, mawar harus disiram secara teratur setiap hari. Ingat, jika di siram pada pagi hari, JANGAN siram daunnya, siram hanya tanah dibawahnya. Daun boleh disiram di sore hari saat sudah gak ada matahari.
Penyinaran matahari yang cukup akan membuat pohon ini rajin berbunga dan tumbuh subur.
Disamping penyinaran matahari yang cukup, perlu juga dilakukan pemangkasan secara berkala supaya muncul tunas baru dan jangan lupa beri pupuk perangsang bunga secara teratur. Pemangkasan sebaiknya dilakukan pada musim hujan karena tunas akan segera tumbuh dan kuntum bunga baru akan bermunculan. Pemangkasan sangat diperlukan bila ingin mawar berbunga banyak tanpa henti. Pemangkasan / prunning di negara 4 musim dilakukan di musim gugur dan atau menjelang musim semi ( jadi bisa sekali atau dua kali setahun). Jangan ragu untuk memangkas, karena akan muncul tunas baru dengan tangkai yg lebih panjang (kalo gak dipangkas tangkai bunga mawarnya pendek2 saja, bunganya juga gak banyak). Saat pemangkasan buang dahan2 kering, buang cabang2 yg mengarah ke dalam tanaman (buat agar tanaman bisa mudah “bernafas”). Buang juga tangkai yg bunganya sudah layu.
Lakukan pemupukan secara rutin, saat musim semi dilanjutkan sekali sebulan selama masa berbunga. Pupuk bisa pakai pupuk organik atau pupuk buatan yg khusus untuk mawar. Lakukan pemupukan sekaligus menggemburkan tanah di sekitar batang mawar + cabut rumput / tanaman liar / gulma yang menggangu.
 
 
 

Kieyokoe nge-Blogging
@2012 Created by Kieyokoe Belajar Untuk Masa Depan